Aktifitas pengumpulan data SOP Hotel
1. menentukan Kelompok Pemakai dan bidang-bidang aplikasinya
- Objek Penelitian
Dalam penelitian ini object yang diteliti adalah hotel
dan hotel Rodhita sebagai sampel data.
Hotel Rodhita
Banjarbaru adalah hotel berbintang tiga yang terletak di Jl.A. Yani km 36
Banjarbaru, Kalimantan Selatan. Hotel Rodhita mulai berdiri dari tahun 2009 di
atas lahan seluas 500 m2. Hotel Rodhita
diresmikan langsung oleh Walikota Banjarbaru HM Ruzaidin Noor pada tahun 2012.
Hotel Rodhita memiliki 83 Kamar dengan 5 kelas yang berbeda. Hotel Rodhita memberikan
pelayanan penginapan bagi consumer sesuai Standar Operasional Prosedur yang telah
di tetapkan oleh Hotel Rodhita.
- Bidang aplikasi
Bidang aplikasi yang diteliti adalah “ front Office” mencakup proses check in dan chek out
Pelayanan Front Office adalah pelayanan awal atau bagian
Depan dalam Hotel tersebut atau lebih sering dikenal dengan nama recepionist. Dalam
pelayanan ini, bagian reception berhadapan langsung dengan consumer. Sehingga
untuk mencapai hasil yang maksimal, pihak hotel harus menetapkan standar
operasional prosedur untuk pelayanan consumer, agar consumer merasa puas dengan
pelayanan yang diberikan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar